kurang bahagia . fankie sugab.n

mari kita berjuang melawan hari

Tugas 4 bahasa indonesia ( contoh kalimat efektif dan tidak efektif )

1. Bagi semua karyawan perusahan ini harus segera mengambil gaji. ( tidak efektif )
Seharusnya :Semua karyawan perusahan ini harus segera mengambil gaji.

2. Pembuatan jembatan,membutuhkan tenaga kerja. ( tidak efektif )
Seharusnys :Dalam membuat jembatan,membutuhkan tenaga kerja.


3. Semua itu hanya mimpi.( tidak efektif )
Seharusnya :Semua itu bagi saya mimpi.

4. Saya akan hadir agak terlambat. Sehingga saya tidak dapat mengikuti acara pertama ( tidak efektif )
Seharusnya :saya akan hadir agak terlambat. Oleh karena itu, saya tidak dapat mengikuti acara
pertama.

5. Cahaya terang yang terlihat jelas dan menarik ( tidak efektif )
Seharusnya : Cahaya terang terlihat jelas dan menarik.

6. Pahlawan yang tanpa jasa itu adalah guru. ( tidak efektif )
Seharusnya : Pahlawan t.anpa jasa itu adalah guru.

7. Harga cabe dibekukan atau kenaikan secara global. ( tidak efektif )
Seharusnya : Harga cabe dibekukan atau dinaikan secara global.

8. Karena ia tidak mencuri , dia dinyatakan bebas ( tidak efektif )
Seharusnya : Karena tidak mencuri , dia dinyatakan bebas.

9. Hadirin serentak berdiri setelah mereka mengetahui bahwa Presiden datang ( tidak efektif )
Seharusnya : hadirin serentak berdiri setelah mengetahui bahwa presiden datang.

10. Dia hanya membawa badannya saja ( tidak efektif )
Seharusnya : Dia hanya membawa badannya.

11. Sejak dari pagi dia bermenung ( tidak efektif )
Seharusnya : Sejak pagi dia bermenung.

12. Surat itu sudah saya baca ( tiak efektif )
Seharusnya : Surat itu sudah saya baca.

13. Saran yang di kemukakannya kami akan pertimbangkan ( tidak efektif )
Seharusnya : Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan.

14. Mereka membicarakan dari pada kebutuhan masyarakat ( tidak efektif )
Seharusnya : Mereka membicarakan kebutuhan masrakyat.

15. kemarin malam itu dia tidak datang ( tidak efektif )
Seharusnya : kemarin malam itu tidak datang.

2 komentar:

basri 5 Januari 2010 pukul 00.44  

http://r.yuwie.com/rhibas/ referral 1009268

basri 5 Januari 2010 pukul 00.45  

http://r.yuwie.com/rhibas no.referal 1009268

Posting Komentar

Ipsum Tempor

Followers

About Me

Foto saya
aku akan menemukanmu diantara rumput yang bergoyang (@fangkibagusn)

Guest Book